BERBAGI PENGALAMAN LULUS CPNS (Part 1)

Ini adalah tulisan pertamaku (jadi jika penulisannya berantakan mohon di maklumi ya, hehehehe). Pada tulisan pertama ini, aku akan membahas pengalamanku bisa lolos seleksi CPNS di tahun 2014.   Karena dimulai dari hari pengumuman lolos CPNS bulan Desember 2014, pertanyaan yang mulai sering aku terima adalah, “Gimana kamu bisa lolos tes CPNS?”, “ Kamu belajar pake buku apa?” Bahkan pernah suatu hari di salah satu bank ketika hendak buka tabungan, mbak CS nya tanya, “ Mbaknya PNS ya, wah kok bisa keterima, tesnya gimana mbak?” Pertanyaan itu semakin sering aku terima ketika tahun 2017  tes CPNS di buka lagi. Maka dari itu, di sini aku bakal sharing pengalaman yang aku lakukan untuk lolos tes CPNS tahun 2014. Di sini aku tidak menjelaskan alur tes CPNS nya dari pendaftaran online sampai ke tes CAT nya, karena pasti  penjelasan di website resmi BKN atau Menpan sudah menjelaskan secara detail tata caranya. Jadi disini aku hanya menceritakan persiapan apa yang aku lakukan sebelum ikut tes CPNS. Semoga pengalaman ini dapat membantu dan berguna bagi kalian yang mau tes CPNS.

Sebelum aku menjelasakan persiapan apa saja yang aku lakukan untuk tes ini, aku akan cerita mengenai tes CAT yang aku lewati terlebih dahulu. Semua seleksi CPNS tahun 2014 akan  melewati tes menggunakan CAT (Computer Assisted Test). Sesuai namanya kita bakalan tes mengerjakan soal menggunakan komputer. Karena formasi yang aku ambil adalah Provinsi Jawa Tengah, maka tempat ujianku adalah di kampus Udinus Semarang. Ketika kita sudah diperbolehkan masuk ruangan, kita bebas memilih komputer yang mau kita pakai. Tapi walaupun bebas memilih, jangan harap bisa mencontek ya, karena soalnya akan berbeda atau diacak untuk setiap komputernya. Soal yang diberikan jumlahnya 100 soal dengan waktu 90 menit. Waktu mengerjakan akan mulai berjalan ketika kita membuka aplikasi CAT tersebut, dan muncul lah detikan jam terhitung mundur dari 90 menit. Jadi waktu 90 menit itu di mulai dari masing-masing kita membuka aplikasi CAT nya ya. Inget jangan terlalu fokus lihatin waktu yang ada di komputer, karena itu buat kita tambah grogi. Perasaanku, gak tahu kenapa jam di komputer berjalan lebih cepat dari pada jam yang ada di dinding ruangan tes hehehehehe. Oh ia enaknya tes model CAT ini, setelah kita selesei mengerjakan soal, kita tinggal klik tanda selesai kemudian keluarlah nilai kita (tapi jangan terburu-buru untuk mengklik tanda selesei ya, kalau ada waktu koreksi lagi soal yang sudah kita kerjakan)!! jadi kita bisa tahu jumlah nilai kita langsung setelah selesai ujian. Selain itu pada hari itu juga, setelah kita selesai melakukan tes, rangking akan langsung keluar dan di tempel di papan pengumuman dan juga di tampilkan di LCD yang sudah di siapkan. Jadi kalau kita mendapatkan nilai tinggi dan rangking atau peringkat kita juga diatas, gak apa-apa si agak PD sedikit kalau bakalan lolos ujian CAT hhiihhi. Dan berikut adalah kiat-kiat yang aku lakukan untuk mempersiapkan diri untuk lolos ujian CAT tersebut.

BERDOA, YAKIN, DAN PERCAYA DIRI
Berdoa ini paling penting ya..., minta diberi kemudahan dan kelancaran sama yang Maha Menjamin dan Mengurusi hidup kita, yaitu Allah SWT. Perbanyak ibadah sunnah seperti tahajud, dhuha, puasa senin kamis, dan lain sebagainya. Setelah itu Yakin dan Percaya diri, bagian ini menurutku penting banget, karena kemarin saat hendak daftar CPNS, banyak cobaan yang bikin aku gak yakin untuk bisa lolos ujian CPNS. Beberapa teman ada yang bilang “Kamu yakin mau ikut tes CPNS? Yang ikut beribu-ribu, belum tentu di terima, malah buang-buang waktu, mending daftar kerjaan yang lain aja”. Dan masih banyak lagi kalimat yang bakalan buat kamu gak yakin bisa lolos tes ini. Jadi setelah kita berdoa, yakin dan percaya diri itu penting banget, karena hal ini yang bakalan ngebuat kita semakin semangat dan rajin untuk belajar mempersiapkan diri mengikuti tes CPNS.

BELAJAR!!! HAFALKAN DAN PAHAMI 
Selain berdoa, yakin dan percaya diri, bagiku usaha yang namanya belajar itu penting banget. Alhamdulillah aku bisa ngerjain soal-soal selama tes itu karena belajar. Setelah aku tanya-tanya ke teman aku yang lolos tes CPNS, mereka semuanya juga belajar dengan sungguh-sungguh. Aku belum nemuin orang yang lolos tes ini karena hanya modal nasib beruntung tanpa belajar (mungkin ada, tapi aku belum nemu). Untuk kegiatan belajar ini modalnya 3, yang pertama buku soal-soal CPNS, yang kedua buku UUD 1945 beserta amandemennya, dan yang ketiga adalah internet.
“Kamu pake buku apa belajarnya?”  Yang ini aku gak bisa kasih tahu karena aku lupa, karena bukunya sudah lama di pinjem teman, dan sekarang gak tahu kemana. Seingatku buku yang aku beli covernya berwarna hitam, dapat CD latihan soal CAT, dan didalamya ada ringkasan materi bahkan sampai isi UUD 1945 pun ada di dalam bukunya. Menurutku buku yang aku beli kemarin udah bagus banget.. tapi sayangnya entah kemana.
Dalam ujian CAT nanti akan ada 3 bagian soal, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Aku membagi waktu untuk belajar masing-masing bagian,  dengan tidak mencampurnya. Maksudnya di sini adalah, misal 10 jam belajar  aku membagi dengan 4 jam belajar TWK, 3 jam belajar TIU dan kemudian 2 jam belajar (TKP), sisanya 1 jam untuk simulasi soal. Waktu belajarku pada saat itu bisa sangat banyak karena aku dalam posisi menganggur (baru lulus) jadi aku memiliki waktu luang yang sangat luar biasa banyaknya.

A. TES WAWASAN KEBANGSAAN
Masuk ke dalam sistem belajar TWK. Sesuai judulnya WAWASAN KEBANGSAAN, ada 4 kunci yang harus kamu pegang di sini yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (dari sejarahnya, tata negaranya, sampai kemampuan berbahasa Indonesia masuk dalam bagian ini). Untuk bagian ini kalian harus menghafal ya, bukan hanya di baca sekilas tanpa menghafalnya. Jadi harus hafal dan memahami.

Langkah-langkah aku belajar bagian ini adalah:
1. Pahami arti dan makna dari pancasila (dari sila kesatu sampai kelima). Selama ini mungkin kita cuma hafal isi nya saja tanpa mengetahui maknanya. Nah sekarang pelajari maknanya, dan artinya juga. Karena biasanya di soal akan keluar “hal ini termasuk dalam makna pancasila sila keberapa?’ sulit untuk menjawab kalau kamu tidak mempelajarnya. Dan jangan lupa pelajari juga sejarah mengenai terbentuknya Pancasila. Sekali lagi ingat ya….. hafalkan dan pahami seluruh bagian mengenai Pancasila ini.

2. Hafalkan UUD 1945
Hafalkan dari pembukaan UUD 1945 (pahami isi dan maknanya per alinea) dan hafalkan isi pasal-pasalnya. Sedikit cerita, untuk formasi yang aku daftar, kuotanya adalah untuk 3 orang CPNS dan ternyata kedua temanku yang sama-sama diterima ini, mereka hafal UUD 1945. Jadi memang salah satu kunci bisa mengerjakan soal TWK adalah hafal UUD 1945. Jika kalian hafal perpasal, minimal kalian sudah belajar sebagian besar ketatanegaraan. Kemudian setelah dihafalkan, aku buat ringkasan turunannya (ringkasan penjelasan pasalnya). Contohnya, aku hafalin UUD 1945 pasal 20A ayat 1 yang isinya “Dewan Perwakilan Rakyat memiliki fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan”. Kemudian aku buat ringkasan penjelasannya apa itu fungsi legislasi, apa itu fungsi anggaran dan apa itu fungsi pengawasan. Lebih baik lagi kalau kamu pelajari Undang-undang yang terkait dengan hal tersebut. Dan jangan lupa pelajari juga sejarahnya UUD 1945 beserta amandemennya .

3. Pelajari Sejarah Indonesia
Pada saat itu, aku hanya mempelajari sejarah Indonesia yang mendekati masa-masa kemerdekaan sampai dengan masa reformasi saja. Karena sejarah Indonesia itu kan luas banget ya…jadi sepertinya aku tidak sanggup untuk mempelajari semuanya. Disini untuk memudahkan aku belajar, aku mulai dengan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan sejarah. Baru kemudian dari soal itu aku perluas untuk memahami cerita luasnya. Berbeda dengan mempelajari bagian UUD 1945 dan Pancasila, yang aku pelajari dahulu, baru kemudian latihan soal. Kalau bagian sejarah ini aku pelajari soalnya dahulu baru di perluas dengan membuat ringkasannya. Kalau tidak salah, buku latihan yang aku beli, pada bagian latihan soal TWK dibagi lagi dengan sub bagian latihan soal yaitu bagian soal mengenai pancasila, mengenai UUD 1945, bagian ketatanegaraan dan bagian sejarah. Jadi memudahkan banget dalam mempelajarinya.

4. Untuk modal tes kemampuan berbahasa Indonesia, aku hanya belajar sedikit sekali. Hanya mempelajari kata-kata baku, sedikit mengenai majas dan latihan soal. Bagian ini tidak terlalu banyak aku pelajari, tetapi Alhamdulillah pada saat tes aku bisa mengerjakannnya. Untuk tips perbanyak latihan soal dan membaca cepat, karena bagian soal ini kebanyakan berbentuk soal cerita yang panjang, jadi membaca cepat dan memahami isi cerita sangat penting dilatih di bagian ini.

Karena menurutku wawasan kebangasaan ini adalah bagian paling sulit, aku terbuai untuk mempelajari bagian wawasan kebangsaan terus menerus. Awalnya memang sulit mempelajarinya, akan tetapi lama kelamaan aku menikmati proses belajar bagian wawasan kebangsaan ini. Tapi ingat! Jangan hanya fokus mempelajari bagian wawasan kebangsaan ini saja, TIU dan dan TKP juga memiliki porsi penting untuk dipelajari. (bersambung ke part 2)

Comments

  1. Mohon ijin mas.. untuk saya tuliskan kembali kisahnya di blog saya..!!

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mba, sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Terima kasih shering pengalamannnya mbak, semoga menjadi ladang sedekah. Amin. Saya banyak menerima informasi dari tulisan mbak ini mengenai cpns. Insaya allah saya mau ikut tahun ini...semoga lolos seperti embak. Amin
    Salam edukasibahasainggris

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts